artikel-kesehatan-toko-obat-herbal

Manfaat Kunyit untuk Obat



HowSehat : Manfaat Kunyit untuk Obat | Kunyit merupakan tumbuhan berbatang semu berwarna hijau keunguan dan mempunyai rimpang berwarna jingga serta bercabang-cabang. Jumlah daun antara 3-8 helai dengan pelepah sepanjang 70 cm serta helai daunnya berujung lancip dan berekor. Bunga berwarna jingga atau kuning dengan pinggir berwarna cokelat dan tengah berwarna kemerahan.
Tanaman ini tumbuh baik di daerah tropis yang terlindung serta bercurah hujan tinggi. Perkembangbiakan dengan setek rimpang.

Kunyit memiliki manfaat dan khasiat. Salah satu manfaat dan kegunaan kencur adalah sebagai obat. Penyakit yang dapat diobati melalui kunyit antara lain:
manfaat-kunyit-dan-kegunaannya

Campak 
Kunyit dua jari dan asam kawak dua jari dihaluskan lalu ditambah air dan garam. Balurkan pada kulit yang berpenyakit dua kali sehari.

Bengkak karena gigitan serangga
Parut sepotong kunyit ditambah dengan sedikit kapur sirih dan air. Panaskan campuran tersebut lalu dinginka. Balurkan campuran tersebut pada bagian badan yang bengkak.

Sesak nafas
Parut kunyit dan temulawak secukupnya, kemudian beri air matang dan saring. Tambahkan asam jawa, gula batu, satu sendok makan madu, dan sebutir telur ayam pada larutan tersebut. Aduk hingga tercampur dan minum dua kali sehari.

Demam berdarah
Manfaat kunyit lainnya adalah untuk demam berdarah. Kunyit satu jari ditumbuk dengan temu ireng, satu lembar daun pepaya dan garam. Tambahkan air secukupnya pada campuran bahan tersebut, saring dan minum sekali sehari.

Agar kulit kuning langsat
Kupas kunyit lalu parut den peras airnya. Beri gula secukupnya dan minum sekali sehari.

Menghilangkan kebiasaan merokok
Kunyit dua jari  ditumbuk dan dicampur dengan dua sendok makan madu, kemudian minum sekali sehari secara rutin.

Menghilangkan kram
Kunyit tiga jari diparut dengan jahe tiga jari, saring airnya dan tambahkan sebutir telur ayam dan tiga sendok makan madu, aduk hingga tercampur lali minum.

Menghilangkan ketombe
Kunyit ditumbuk secukupnya dan peras. Gosokkan air saringannya pada kulit kepala dan biarkan semalaman. Cuci rambut dengan campo pada pagi harinya.

Penyakit usus buntu
Parut kunyit secukupnya lalu campur dengan sedikit garam, gula merah, air jeruk nipis, dan air panas. Setelah dingin minum larutan tersebut tiap pagi dan sore.

Itulah beberapa manfaat kunyit untuk obat.

(Dikutip dari buku berjudul TOGA Tanaman Obat Keluarga, Eko Susilowati, S.Pd, CV, Sinar Cemerlang Abadi) | Kasiat Kunyit sebagai Obat.

0 Response to "Manfaat Kunyit untuk Obat"