artikel-kesehatan-toko-obat-herbal

Manfaat Kencur sebagai Obat Penyembuh



Manfaat Kencur sebagai Obat - Howsehat | Kencur adalah tanaman kecil yang tumbuh merapat dengan tanah dan tidak memiliki batang. Ciri-ciri kencur antara lain: rimpang bercabang-cabang dan berdesak-desakan, serta berwarna cokelat. Daun berbentuk jorong, pangkal daun berbentuk jantung, serta berujung lancip. Permukaan daun bagian atas tidak berbulu, sedangkan bagian bawah berbulu. Helaian daun bagian pinggir berwarna merah kecoklatan, sedangkan bagian bawah tengah berwarna hijau, jika diremas memberikan aroma harum. Bunga kencur berwarna putih.

Tanaman ini dapat tumbuh di mana saja serta dapat digunakan sebagai tanaman hias atau tumpang sari. Tumbuh baik pada tempat yang gembur serta sedikit terlindung. Perkembangbiakan kencur dengan rimpang.

manfaat-kegunaan-kencur-untuk-obat

Kegunaan kencur jadi obat beberapa penyakit. Penyakit apa saja yang bisa disembuhkan memakai kencur? Penyakit yang dapat diobati menggunakan kencur dengan Ijin-Nya antara lain:

Radang Lambung
Kencur yang berukuran dua jari dikupas dan dicuci, lalu kunyah dengan garam hingga lembut, kemudian telan. Lakukan tiga kali sehari hingga lambung terasa nyaman dan enak.

Sakit Batuk
Kencur satu jari dikupas dan dicuci, lalu dikunyah dengan sedikit hingga lembut, kemudian selama lima menit atau hingga rasa gatal berkurang. Lakukan tiga kali sehari hingga lambung terasa nyaman dan enak.

Penawar Lelah
Kencur dua jari dihaluskan dengan satu sendok beras sangrai, satu jari lempuyang, dan satu biji cabai jawa. Setelah semua bahan dihaluskan, tambahkan air hangat secukupnya. Aduk hingga tercampur, saring dan segera diminum. Minum ramuan kencur ini dua kali dalam seminggu.
Baca juga : Manfaat Kunyit untuk Obat

(Dikutip dari buku berjudul TOGA Tanaman Obat Keluarga, Eko Susilowati, S.Pd, CV, Sinar Cemerlang Abadi) | Manfaat Kencur untuk Obat.

0 Response to "Manfaat Kencur sebagai Obat Penyembuh"