artikel-kesehatan-toko-obat-herbal

Menjaga Kesehatan Ginjal dengan Makan Sayuran Ini



Menjaga kesehatan ginjal dengan makan sayuran. Ginjal merupakan salah satu bagian terpenting bagi tubuh kita. “Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin.” (Wikipedia). Karena ginjal memainkan peran penting dalam menyaring dan mengeluarkan limbah dari tubuh. Tentu ada resiko ginjal bisa rusak. 

Mungkin kebanyakan orang masih belum terlalu memahami ciri-ciri sakit ginjal yang sebenarnya. Untuk menjaga kesehatan ginjal ada beberapa cara. Salah satu resep ginjal sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang baik bagi ginjal. Makanan yang baik untuk menjaga agar ginjal tetap sehat misalnya sayur-sayuran. Apa saja makanan sehat untuk ginjal? Berdasarkan artikel kesehatan ginjal yang pernah saya baca disini. Berikut ini beberapa sayuran yang dapat membuat ginjal kita sehat.

cara-menjaga-kesehatan-ginjal-dengan-makanan

Kubis
Kubis sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi mereka yang mempunyai masalah dengan ginjal. Khususnya yang disebabkan kandungan kalium yang rendah dalam tubuh. Kubis merupakan sumber vitamin K, vitamin C, dan tinggi serat. Kubis juga dapat memerangi bermacam jenis kanker serta meningkatkan kesehatan kardiovaskular karena memiliki kandungan photochemicals.

Kembang kol
Kembang kol dapat mengurangi peradangan dan oksidasi dalam ginjal serta membantu dalam proses detoksifikasi ginjal. Oleh karena itu, kembang kol juga baik untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan ginjal selain kubis. 

kembang-kol

Bawang putih
Bawang putih diyakini dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Namun ternyata bawang putih juga memiliki sifat antioksidan tinggi di dalamnya sehingga sangat baik dalam memerangi radang ginjal. 

Bawang merah
Selain bawang putih, bawang merah atau bawang bombay juga mempunyai manfaat yang besar untuk menjaga kesehatan ginjal kita. Bawang merah dapat membantu dalam mengurangi kekentalan darah. Selain itu kandungan antioksidan dalam bawang merah berperan sebagai pencegah kristalisasi dan pertumbuhan batu ginjal.

Wortel
Wortel dapat mengatur hipertensi dan diabetes yang merupakan penyebab utama penyakit ginjal. Oleh karena itu, Mereka yang memiliki masalah ginjal kronis sangat dianjurkan untuk mengonsumsi wortel. 

Buncis
Ternyata buncis memiliki khasiat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan ginjal kita. Mengapa demikian? Tingginya kandungan serat dalam buncis mampu membantu menstabilkan kadar gula darah. Selain menstabilkan gula dalam darah, buncis juga rendah kolesterol sehingga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Lobak
Mungkin sebagian dari kita masih asing dengan  lobak. Namun lobak mempunyai manfaat bagi ginjal. Mengapa lobak termasuk makanan yang baik untuk ginjal? Lobak memiliki gizi yang tinggi untuk menjaga kesehatan ginjal kita sebab lobak akan membersihkan racun yang terakumulasi dalam ginjal dan menghambat infeksi pada ginjal. Selain itu, lobak juga rendah akan kalori sehingga dapat kita terapkan sebagai menu diet kita.

lobak

Biji labu
Mungkin inilah makanan yang tidak terpikir bisa untuk menjaga kesehatan ginjal. Biji labu sangat kaya akan zat antioksidan, vitamin, dan mineral. Biji labu juga dapat meningkatkan kesehatan fungsi ginjal dengan mengurangi risiko batu ginjal. Namun belum saya ketahui cara mengolahnya bagaimana.

biji-labu

Nah itu tadi beberapa sayuran yang merupakan makanan untuk kesehatan ginjal. Umumnya, seseorang dapat hidup normal dengan hanya satu ginjal. Bila kedua ginjal tidak berfungsi normal, maka orang itu perlu diberi Terapi Pengganti Ginjal (TPG). TPG ini dapat dilakukan baik untuk sementara waktu maupun terus-menerus. TPG terdiri atas tiga, yaitu: Hemodialisis (Cuci Darah), Peritoneal Dialisis (Cuci Rongga Perut) dan Cangkok Ginjal (transplantasi). Prinsip dasar dari Hemodialisis adalah dengan membersihkan darah dengan menggunakan Ginjal Buatan. Sedangkan Peritoneal dialisis menggunakan Selaput rongga perut (peritoneum) sebagai saringan antara darah dan cairan Dianial. (id.wikipedia.org) 

Jika anda butuh obat ginjal silahkan berkunjung ke TOKO BERKAH HERBAL dan cari berbagai produk untuk yang berhubungan dengan ginjal. Semoga dengan ijin-NYA melalui obat herbal alami tersebut, ginjal sehat kembali.

Ginjal merupakan organ tubuh yang vital. Beberapa penyakit umum yang bisa menyerangnya adalah batu ginjal dan kanker ginjal. Oleh karena itu mengantisipasi ancamannya dengan rajin mengonsumsi makanan di atas. Karena Lebih baik mencegah daripada mengobati, apalagi sebelum terlambat. Terima kasih telah bersedia membaca artikel di blog HowSehat yang berjudul Menjaga kesehatan ginjal dengan makan sayuran ini. Jangan lupa SHARE ke teman-teman kita agar bermanfaat. Salam. 

1 Response to "Menjaga Kesehatan Ginjal dengan Makan Sayuran Ini"

ffgfg said...

artikelnya menarik dan mudah di pahami oleh para pembaca, serta bermanfaat bagi yang lagi cari artikel seperti ini,thanks penulis.di klik juga ya Artikel kesehatan terbaru