artikel-kesehatan-toko-obat-herbal

Aneka Manfaat Kelapa bagi Kesehatan untuk Obat



Aneka Manfaat Kelapa bagi Kesehatan untuk Obat - Tidak salah apabila kelapa disebut sebagai tanaman yang berdaya guna. Hal ini terkait dengan pemanfaatannya untuk berbagai kebutuhan. Kelapa dapat dimanfaatkan sebagai obat, aneka masakan, maupun pemanfaatan yang lainnya. Kelapa merupakan tanaman yang mudah didapat. Selain itu, harganya juga tidak terlalu mahal. Dengan demikian, anda dapat dengan mudah memperolehnya. Manfaat apa sajakah yang dapat diperoleh dari kelapa?

Kelapa merupakan salah satu bahan obat tradisional yang telah dikenal sejak dahulu. Kelapa dapat digunakan untuk mengobati beberapa macam penyakit. Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan kelapa adalah keracunan, panas dalam, sakit panas, demam berdarah, morbili, influenza, kencing batu, sakit saat haid, cacing kremi, sakit gigi, ubanan, dan ketombe.

aneka-manfaat-kelapa-bagi-kesehatan

Berikut ini beberapa pemanfaatan kelapa sebagai obat alami beberapa penyakit yang ditulis berdasarkan dari buku berjudul “Tanaman Kelapa yang Berdaya Guna” karya Westriningsih yang diterbitkan oleh Permata Equator Media.

1. Keracunan
Air kelapa dapat digunakan untuk mengobati keracunan. Kelapa yang digunakan adalah kelapa hijau. Resep ini sudah digunakan oleh masyarakat sejak dahulu. Air dari satu butir kelapa diminumkan bagi penderita keracunan sampai habis. Air kelapa dapat menetralkan racun yang ada di dalam tubuh.

2. Sakit Panas Dalam
Untuk obat panas dalam, satu butir kelapa hijau dilubangi ujungnya. Satu butir telur ayam kampung yang masih mentah dipecah, dibuang kulitnya kemudian dimasukkan dalam kelapa tersebut. Air tersebut diminumkan kepada penderita pada siang hari.

3. Sakit Panas
Apakah kamu pernah mengalami sakit panas? Sakit panas kadang kala disertai dengan demam. Sakit panas sering dialami oleh anak kecil. Sakit panas dapat diobati dengan mencampur satu gelas air kelapa muda dengan satu sendok madu. Aduk campuran tersebut sampai rata. Campuran tersebut untuk dewasa diminum dua kali sehari pagi dan sore. Untuk balita diminumkan dua kali sehari sebanyak setengah cangkir.

4. Demam Berdarah
Demam berdarah merupakan penyakit yang berbahaya. Apabila penanganannya terlambat dapat menyebabkan kematian. Penyaklit ini disebabkan oleh nyamuk. Untuk mengobati demam berdarah, satu butir kelapa hijau dilubangi ujungnya kemudian masukkan perasan jeruk nipis dan aduk sampai rata. Cara menggunakannya dengan diminumkan kepada penderita sebanyak dua kali sehari, pagi dan sore.

5. Kencing Batu
Kelapa juga dapat digunakan untuk mengobati kencing batu. Untuk mengobati kencing batu digunakan satu butir kelapa hijau yang dilubangi ujungnya. Masukkan telur ayam kampung yang masih mentah dan aduk samapi rata. Campuran tersebut diminumkan kepada penderita sebanyak dua kali sehari, pagi dan sore.

6. Mengurangi Sakit Waktu Haid
Kelapa dapat digunakan untuk mengobati rasa sakit pada saat haid.Gunakanlah cara berikut ini untuk mengurangi rasa sakit yang sering timbul. Caranya yaitu dengan meminum satu gelas air kelapa hijau yang dicampur dan diaduk sampai merata. Minum campuran tersebut dua kali sehari sebanyak satu gelas, pagi dan sore. Ramuan ini diberikan selama tiga hari berturut-turut.
kegunaan-kelapa-untuk-obat-penyembuh

7. Influenza
Influenza dapat menyerang siapa pun. Untuk mengobati influenza. Seperempat butir buah kelapa diparut dicampur dengan satu rimpang kencur. Kencur yang digunakan sebesar ibu jari yang diparut. Campuran tersebut ditambah satu gelas air masak dan diperas untuk diambil airnya. Cara menggunakannya dengan diminum satu kali sehari.

8. Morbili
Morbili merupakan nama latin dari penyakit campak. Nama lainnya adalah tampek (Betawi), gabagan (Jawa), mazalen (Belanda), dan measles (Inggris). Penyakit ini sangat berbahaya untuk bayi dan anak.
Bahan-bahan yang digunakan untuk mengobati penyakit ini adalah dua helai daunt kelapa kering, setengah genggam daun krokot, setengah rimpang dringo bengle, setengah genggam daun petai cina, dan adas pulawaras secukupnya. Cara membuatnya adalah semua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai halus. Hasil tumbukan tersebut digunakan sebagai bedak untuk seluruh tubuh si penderita.

9. Mengusir Cacing Kremi
Untuk mengusir cacing kremi, bahan-bahan yang diperlukan adalah seperempat butir buah kelapa dan satu buah wortel. Bahan-bahan tersebut diparut kemudian dicampur menjadi satu. Campuran tersebut ditambah 1 gelas air kemudian diperas dan disaring. Ramuan tersebut diberikan kepada penderita pada malam hari menjelang tidur.

10. Sakit Gigi Berlubang
Bagian kelapa yang digunakan untuk mengobati sakit gigi adalah bagian tempurung. Caranya tempurung kelapa dibakar. Minyak yang keluar di pinggir api diambil dengan kapas dan digulung sebesar lubang gigi. Cara menggunakannya adalah kapas tersebut dimasukkan ke dalam ke dalam lubang gigi yang sakit.

11. Disentri 
Gejala penderita disentri adalah kaki pegal, demam tinggi, tinga berlendir dan bercampur darah, serta sering buang air dengan urine berwarna keruh (gelap). Agar urine kembali jernih dan disentri cepat sembuh, minum air kelapa hijau secara teratur pagi dan sore hari. Bila warna urine kembali normal, hentikan meminum air kelapa muda.

12. Gatal-gatal Akibat Eksis
Gatal-gatal akibat eksim merupakan penyakit yang cukup merepotkan. Untuk mengobatinya rendam satu genggam beras dalam air kelapa muda yang masih ada dalam tempurung selama 6 -7 jam. Jika sudah terasa asam kemudian angkat. Giling beras asam rendaman tadi hingga menjadi bubur halus. Oleskan bubur beras tadi pada bagian tubuh yang terasa gatal, ruam, luka, eksim, atau telapak kaki pecah-pecah. Lakukan setiap hari secara teratur selama 3 – 4 hari.

13. Luka Bakar
Untuk mengobati luka bakar campur satu sendok teh bubuk kunyit dengan air kapur sirih. Tambahkan air kelapa kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terluka bakar atau terkena minyak dan air panas. Rasa panas akibat terbakar pun akan hilang dan tidak meninggalkan bekas melepuh.

Wah ternyata banyak kegunaan kelapa sebagai obat. Namun sepertinya masih banyak lagi manfaat dari kelapa yang masih belum kita ketahui. Nah semoga informasi tentang Aneka Manfaat Kelapa bagi Kesehatan untuk Obat ini bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa di SHARE ke teman-teman yang membutuhkan. Terima kasih, Salam.

0 Response to "Aneka Manfaat Kelapa bagi Kesehatan untuk Obat"