artikel-kesehatan-toko-obat-herbal

Diabetes Mellitus adalah Kencing Manis?



HowSehat Blog - Adakah di antara keluarga Anda yang menderita kencing manis atau diabetes? Atau Anda sendiri rnengidap penyakit ini? Jika iya, maka ini bukanlah hal yang mengherankan, karena memang jumlah penderita penyakit ini cukup besar. Pada tahun 2010, di seluruh dunia, diperkirakan sekitar 285 juta orang rnenderita diabetes terutarna tipe 2. Di Indonesia sendiri, pada tahun 2007, jumlah penderita mencapai 5,7% dari jumlah penduduk, dan terus meningkat. Bahkan, data statistik rnemperkirakan jumlah penderita akan rneningkat sarnpai dua kali lipat pada tahun 2030. Mengingat banyaknya jumlah penderitanya, ada baiknya kita mengenal lebih dekat penyakit yang satu ini.

Apa itu Diabetes Mellitus
Diabetes mellitus atau kencing manis adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh ketidakmarnpuan tubuh untuk memproduksi hormon insulin atau karena sel-sel dalam tubuh tidak dapat merespon insulin yang tersedia, sehingga penggunaannya tidak efektif, dan ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Perlu diketahui, bahwa insulin adalah hormon utama yang berperan dalam pengambilan glukosa darah ke dalam sel, terutama otot dan sel lemak, sehingga glukosa tersebut dapat digunakan. Glukosa sendiri adalah sumber energi utama bagi tubuh yang dapat diperoleh dari makanan, terutama yang mengandung karbohidrat. 

diabetes-mellitus-adalah-pdf-kencing-manis

Apabila kadar gukosa dalam darah meningkat, misalnya setelah makan, maka sel-sel beta pankreas akan mengeluarkan hormon insulin, sehingga glukosa darah ini diserap ke dalam sel-sel tubuh, yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan bakar, atau untuk menghasilkan zat lain yang diperlukan tubuh, atau sekedar disimpan. Sebaliknya, apabila kadar glukosa clarah menurun, maka produksi insulin pun berkurang, dan glikogen yang di simpan dalarn otot dan hati akan diubah menjadi glukosa. Apabila jumlah insulin berkurang, atau sel-sel tubuh tidak responsive terhadap insulin, atau terdapat kecacatan insulin, maka glukosa yang tersedia tidak dapat diserap dan digunakan secara tepat oleh sel tubuh yang memerlukan, bahkan tidak dapat disimpan dengan baik dalam sel otot dan hati. Hal-hal ini akan rnenyebabkan kenaikan kadar gula darah yang persisten, berkurangnya sintesis protein, dan kekacauan metabolisme di dalam tubuh. Diabetes sendiri dibagi rnenjadi beberapa tipe, diantaranya adalah diabetes tipe 1 yang disebabkan kegagalan produksi insulin oleh pankreas, dan diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh resistensi insulin.
Artikel tersebut diperoleh dari sumber pdf: kesehatan muslim

Lalu apa saja penyebab penyakit diabetes? Silahkan anda baca pada postingan ini: Inilah penyebab dan cara mencegah diabetes.
Nah semoga bermanfaat bagi sahabat HowSehat Blog. Salam.

0 Response to "Diabetes Mellitus adalah Kencing Manis?"