artikel-kesehatan-toko-obat-herbal

Tips dan Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan



Tips dan cara menjaga kesehatan di musim hujan. HOWSEHAT - Ketika di daerah kita telah memasuki musim penghujan. Hari – hari sering diguyur hujan yang berlangsung cukup lama, bahkan di beberapa daerah sampai terjadi banjir. Nah, beberapa penyakit akan muncul ketika musim hujan tiba. Maka dari itu, hendaknya kita bisa menjaga kesehatan agar tetap sehat selama musim hujan maupun musim pancaroba.  

Waspada terhadap Penyakit di Musim Hujan
Penyakit apa saja yang sering terjadi saat musim hujan?
Penyakit yang perlu diwaspadai antara lain penyakit infeksi seperti infeksi saluran nafas, infuenza, diare, dan penyakit kulit yang bisa menyerang siapa saja. Inilah beberapa penyakit yang meningkat kejadiannya saat musim hujan tiba. Selain itu, daerah yang terkena banjir perlu mewaspadai timbulnya penyakit leptospirosis. Di musim hujan juga sering muncul penyakit akibat jamur yang terutama disebabkan akibat kelembaban pada pakaian.

Sedangkan penyakit yang harus diwaspadai pasca hujan adalah penyakit demam berdarah yang mungkin ditimbulkan akibat nyamuk Aedes Aegypti yang bersarang dari sisa-sisa genangan air hujan. Inilah salah satu penyakit yang harus paling  kita waspadai karena akibatnya bisa berakibat fatal bila tidak segera ditanggapi.
Baca juga: Tips bermain hujan utamanya untuk anak

Kita sebaiknya mengetahui bahwa ada penyakit menular, ada juga penyakit tidak menular yang sering memburuk dengan cuaca hujan dan dingin seperti asma, rhinitis, dan penyakit kronik lainnya. Oleh karena itu masyarakat diminta menjaga kesehatan diri dan lingkungan  agar meminimalisir risiko terkena penyakit di musim hujan.

tips-cara-menjaga-kesehatan-tubuh-di-musim-hujan

Berikut beberapa tips menghadapi musim hujan dan cara meminimalisir resiko terkena serangan penyakit di musim hujan antara lain:

1. Sedia Payung Sebelum Hujan
Itu adalah sebuah Pepatah yang memang benar. Cara yang paling efektif agar kita tidak terserang sakit selama musim hujan adalah dengan memakai perlengkapan pelindung dari hujan seperti payung, jas hujan atau jaket bertudung, dan sepatu tahan air saat Kita ke luar rumah ketika hujan tiba. Usahakan memakai pelindung hujan ketika Kita beraktifitas di luar saat hujan turun agar Kita tidak basah kuyup dengan air hujan yang dapat berisiko menyebabkan Kita sakit.

2. Segera Mandi Setelah Kehujanan
Mungkin menurut kita, saran ini tidak masuk akal. Tetapi, mandi segera sesudah basah kuyup karena hujan benar-benar masuk akal dan sangat bermanfaat. Mengapa kita sebaiknya segera mandi sehabis kehujanan?
Penyakit dapat muncul ketika tubuh kita mengalami perubahan suhu yang drastis. Mandi dengan segera akan menstabilkan temperatur dingin yang terbawa oleh air hujan sekaligus membersihkan tubuh Kita dari kuman dan kotoran. Saat Kita mengeringkan badan, temperatur tubuh bertahap kembali ke suhu normal. Selanjutnya hangatkan diri Kita dengan minum teh hangat atau makan kuah hangat.

3. Memakai Pakaian yang Kering
Cucian yang tak mau kering adalah kendala di musim hujan, karena matahari seakan tak mau bersinar. Meski begitu, cari cara agar cucian Kita bisa kering sepenuhnya. Pakaian yang lembab berarti masih menyimpan air dan bisa jadi sarang bagi kuman penyakit. 

4. Usahakan selalu Olahraga Rutin
Tetap lakukan olahraga rutin meskipun hujan turun. Walaupun olahraga outdoor jadi berkurang intensitasnya karena cuaca yang tidak mendukung, kita masih bisa melakukan aneka olahraga yang dilakukan secara indoor, sebagai contoh senam aerobik, sit up, push up, atau skipping (lompat tali). Dengan melakukan olahraga secara teratur akan sangat baik untuk menjaga stamina tubuh Kita.
musim-hujan-tetap-olahraga

5. Menjaga Kebersihan Tangan
Mungkin sebagian besar dari kita sudah mengetahui. Namun bagi kita yang belum tahu, menurut peneliti medis, cara terbaik kuman masuk ke tubuh kita adalah melalui tangan kotor. Kita menggunakan tangan kita di hampir setiap kegiatan, sehingga berbagai macam kuman dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita setiap saat. 
Untuk menjaga diri agar tetap terlindung, bersihkan tangan kita secara teratur. Usahakan tangan kita senantiasa ‘higienis’ sepanjang hari. Pastikan cuci tangan kita setiap sebelum makan, sehabis dari toilet, dan setelah melakukan kegiatan apapun. Hindari menyentuh wajah kita dengan tangan yang kotor, karena penelitian mengatakan bahwa kuman biasanya masuk lewat hidung atau mulut kita.

6. Minum Air yang Cukup
Kenapa kita harus minum air yang cukup? Saat musim hujan, cuaca dingin membuat kita tidak merasa haus dan malas untuk minum. Padahal tubuh kita tetap memerlukan cairan setiap harinya. Usahakan kita tetap minum air yang cukup selama musim hujan. Minum air merupakan bentuk tidak langsung dari pencegahan untuk segala macam penyakit. Minum air yang cukup dapat mengganti kehilangan cairan tubuh sehingga kita tidak mengalami dehidrasi. Air juga membersihkan kuman melalui sistem saluran kencing, sehingga mencegah infeksi saluran kencing.

7. Cukup Istrahat itu Harus
Waktu tidur yang ideal adalah 6-8 jam per hari. Kurang tidur akan membuat stamina kita berkurang. Atur waktu aktiftias harian kita sehingga Kita bisa cukup istirahat sehingga tubuh Kita tetap fit dan dapat beraktiftas secara maksimal.

8. Mengatur Pola Makan 
Jaga selalu pola makan Kita. Makan teratur dan tepat waktu dengan komposisi yang lengkap akan senantiasa menjaga vitalitas Kita. Hindari makan di tempat penjualan makanan yang kurang terjaga kebersihannya. Penuhi juga kebutuhan vitamin dan mineral dari berbagai macam sayur dan buah-buahan. Kalau perlu, tambah dengan pemberian multivitamin.

9. Sediakan Obat-obatan
Jangan lupa untuk selalu menyiapkan obat-obatan ringan di rumah, untuk 
mencegah terjangkitnya penyakit-penyakit musim hujan di atas. Nah, sudahkah Kita mempersiapkan pencegahan dari penyakit di musim hujan?

Semoga tulisan yang diperoleh dari sini berjudul Tips dan Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan bermanfaat dan  membantu agar kita semua bisa menjaga kesehatan dan  terhindar dari penyakit di musim hujan. Jangan lupa SHARE ke saudara dan teman anda. Terima kasih sudah mampir di Blog Artikel kesehatan HowSehat. Salam.

0 Response to "Tips dan Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan"