artikel-kesehatan-toko-obat-herbal

Cara menyembuhkan dan obat sakit gigi alami pada saat darurat



Bagaimana cara menyembuhkan sakit gigi? Apa obat sakit gigi alami pada saat darurat? Memang sakit gigi itu tidak enak. Ya jelas, namanya sakit kan memang tidak mengenakkan. Apalagi sakit gigi yang sakitnya cekot-cekot. Mungkin anda sekarang lagi butuh obat alami untuk sakit gigi yang berlubang yang cepat menyembuhkan atau sekedar meringankan rasa sakitnya. Coba simak sedikit informasi yang saya peroleh dari beberapa sumber di internet.

Disini mungkin bukan obat yang bisa menyembuhkan, hanya bisa meringankan sakit gigi. Namun mungkin juga bisa menyembuhkan sakit gigi anda bagi yang berjodoh kata orang Jawa. Nah, Obat sakit gigi alami serta tradisional yang paling ampuh mana yang bisa anda lakukan, ini beberapa obatnya.

obat-cara-menyembuhkan-sakit-gigi

Minyak cengkih
Ada sebuah penelitian pada Journal of Dentistry tahun 2006 yang menemukan bahwa minyak cengkih juga bisa meringankan sakit gigi. Hati-hati menggunakannya karena kalau terkena lidah akan terasa tidak enak. Minyak cengkeh mungkin dapat anda peroleh atau dibeli di toko jamu/apotik terdekat.
Caranya, berikan 2 – 3 tetes minyak cengkih ke kapas lalu gosokkan atau tempelkan pada gigi. Bila menggunakan cengkih, basahi dulu dengan air liur atau kunyah-kunyah sebelum dimasukkan pada gigi.

Daun Cengkeh
Selain minyak cengkeh, daun cengkeh juga bisa dijadikan alternatif. Cengkeh merupakan rempah yang dijadikan bahan dalam pembuatan rokok. Tetapi, daun cengkeh ternyata memiliki khasiat untuk mengobati sakit gigi.
Caranya, cuci terlebih dahulu beberapa helai daun cengkih, seduh dengan air mendidih, kemudian lumatkan. Peras dengan kain. Basahi kapas dengan cairan tadi, jejalkan ke lubang gigi yang sakit.

Bawang putih
Obat sakit gigi alami lainnya yaitu menggunakan bawang putih dimana bawang putih mengandung antiseptik alami. Cara ini bisa untuk mengobati sakit gigi berlubang dan gusi bengkak.
Berdasarkan buku Jude’s Herbal Home Remedies yang ditulis oleh Jude C. Todd, bawang putih dapat menyembuhkan sakit gigi atau gigi berlubang karena mengandung senyawa antiseptik.
Caranya, ambillah satu siung bawang putih, haluskan. Campur dengan garam. Letakkan di gigi. Lakukan selama 5 menit, kemudia keluarkan bawang putih dan bilas mulut dengan air hangat. (baunya sedikit kurang sedap nantinya).

Es batu
Menggunakan es batu dikenal untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan pada gigi dan gusi. Cara ini biasanya saya gunakan karena mudah dan lebih bersih. Hanya memang tidak menyembuhkan Cuma meringankan rasa sakit gigi saja.
Masukkan es batu dalam kantong kain atau plastik tempelkan ke area sakit dan biarkan selama 5 – 10 menit. Lakukan hal ini sebanyak 2 kali sehari, tapi bila kondisi tidak membaik, segera hubungi dokter.

Air asin hangat
Selain karena berlubang, sakit gigi juga bisa terjadi karena peradangan sekitar gigi dan infeksi ringan, untuk membantu mengatasi hal ini, berkumurlah dengan air asin hangat. Caranya sediakan air hangat setengah gelas. Tambahkan garam dapur seperempat sendok makan lalu aduk hingga rata. Larutan lalu digunakan untuk berkumur selama 30-60 detik, beberapa kali sehari.

Selain bahan alami di atas, ada juga beberapa bahan lain yang mungkin ampuh mengobati sakit gigi yaitu:

Teh Hangat
Teh panas atau hangat membantu menghilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit sementara. Ini berdasarkan buku Prescription for Herbal Healing yang ditulis oleh Phyllis A. Balch, dikatakan teh dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi.
Caranya, tempatkan kantong teh pada gusi untuk membantu menghentikan peradangan. Sebaiknya jangan dicampur gula dalam teh hangat. Nanti jadi teh manis dong...

Akar Meniran
Selama ini kita mengenal meniran sebagai tanaman herbal untuk mengobati penyakit ginjal, gangguan saluran kencing, disentri dan hepatitis. Namun ternyata akar meniran juga berkhasiat untuk mengobati gigi yang sakit. Buktikan sendiri ya, karena saya juga belum bisa membuktikan.
Caranya: Cuci bersih akar meniran, lalu kunyah-kunyah pada gigi yang sakit.

Akar Kangkung
Ternyata sayuran yang bisa bikin ngantuk jika dikonsumsi terlalu banyak ini katanya bisa juga dijadikan sebagai obat untuk mengatasi rasa sakit gigi.
Caranya: Sediakan segenggam akar kangkung, 1/2 sdt cuka, direbus dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya untuk berkumur.

Cabe rawit
Tentunya anda pernah mendengar ungkapan ‘kecil-kecil cabe rawit’. Sebuah ungkapan untuk menggambarkan sesuatu yang kecil namun memiliki banyak kelebihan. Dalam hal mengatasi sakit gigi, ini ternyata bukan sekedar ungkapan. Cabe rawit mengandung senyawa capsaicin yang berfungsi sebagai pereda rasa sakit.
Caranya, larutkan cabe ke dalam air panas, celupkan kapas, peras sedikit dan letakkan di gigi.

Sereh
Sereh (bukan sirih ya..) dikenal juga dengan nama serai. Umumnya sereh digunakan sebagai bumbu dapur terutama untuk pepes agar menambah aroma.
Caranya: Rebus 40 g sereh segar dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Gunakan ramuan ini untuk berkumur.

Getah Jarak
Tanaman jarak memang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Selain minyak buah jarak yang sekarang sedang diupayakan sebagai bahan bakar alternatif, getah dari pohon jarak ini ternyata berkhasiat mengobati sakit gigi berlubang.
Caranya gampang, hanya dengan meneteskan getah jarak pada gigi yang berlubang. Atau bisa juga dengan mengambil getah jarak menggunakan kapas, lalu masukkan kapas pada gigi yang berlubang.

Nah itulah beberapa bahan yang bisa dijadikan cara menyembuhkan dengan obat sakit gigi alami pada saat darurat cepat yang saya peroleh dari beberapa sumber di internet. Semoga beberapa bahan alami di atas dapat menyembukan sakit gigi anda. Namun yang lebih bijaksana adalah selalu menjaga kesehatan gigi agar tidak mengalami sakit. Terima kasih telah bersedia membaca di blog How Sehat ini.

0 Response to "Cara menyembuhkan dan obat sakit gigi alami pada saat darurat"