artikel-kesehatan-toko-obat-herbal

Cara Menghilangkan Stress Pikiran saat Kerja dengan Cepat



Cara menghilangkan stress pikiran saat kerja dengan cepat – Salam sahabat How Sehat Blog, selamat datang di blog artikel kesehatan mini. Kali ini kami ingin berbagi informasi berupa tips mengatasi stress. Mungkin anda bisa sampai di situs ini karena menulis ‘bagaimana cara menghilangkan stress?’ dan ingin mengetahui cara mengatasi stress anda dengan cepat.

Stress bisa terjadi pada siapa saja. Tidak hanya orang dewasa, orang yang sedang kerja, orang tua yang berkeluarga. Bahkan anak-anak bisa juga stress. Stressnya anak mungkin terjadi karena banyak tugas di sekolah, banyak PR, dan sebagainya. Stress juga bisa terjadi di mana saja. Bagi orang dewasa, stress bisa ditemui pada orang yang banyak tuntutan dalam pekerjaannya di kantor atau di tempat kerja lainnya. Maka dari itu, kadang seseorang ingin mengetahui cara menghilangkan stress pikiran secepat mungkin.

cara-menghilangkan-stress

Nah anda yang sampai bisa menemukan tulisan kami tentang tips atau cara menghilangkan strees dengan cepat ini mungkin termasuk orang yang stress. Bukan bermaksud tidak sopan, namun kalimat itu malah menganggap anda sebagai seorang yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang anda terima. Kenapa bisa seperti itu, itu merupakan bukti bahawa anda memikirkan pekerjaan anda tersebut.

Cara menghilangkan stress saat kerja

Berikut ini beberapa cara menghilangkan stress pikiran saat kerja dengan cepat

1. Sholat
Bagi umat muslim, ini adalah cara yang dianjurkan. Dengan Sholat kita berusaha menghilangkan sejenak pikiran tentang dunia. Jika belum masuk waktu sholat wajib, maka bisa melakukan sholat sunnah misalnya sholat dhuha atau sholat hajat. Selesai salat kita berdoa kepada-NYA agar dilancarkan segala urusan kita.

sholat-mampu-menghilangkan-stress-dengan-cepat

2. Wudhu
Membasuh air ke kepala dan bagian tubuh lain akan membuat badan terasa lebih rileks dan dingin. Hal ini bisa mengurangi stress bahkan menghilangkan stress sejenak.

3. Keluar ruangan sejenak
Jika anda bekerja di dalam ruangan sebaiknya lakukan cara ini. Tidak harus sampai pergi ke taman. Dengan berjalan cepat di luar ruangan kerja atau halaman kantor dapat membantu kita memperbaiki suasana hati akibat stres. Jika tidak memungkinkan hal itu dilakukan, misalkan karena sedang hujan, coba saja melakukan meditasi selama 5 menit. 

4. Olahraga
Ketika keluar ruangan sejenak itu, lakukan juga olahraga ringan agar membantu otot tetap rileks dan tidak tegang.

5. Yoga
Sebagian besar orang berkata bahwa cara ini dapat mengatasi stress. Latihan yoga berfokus pada teknik pernapasan, gerakang tubuh, dan pikiran.

6. Makan
Biasanya, makan jadi salah satu cara menghilangkan stress serta untuk relaksasi. Tapi ingat, bukan berarti kita harus menyantap camilan sembarang ya. Sebaiknya pilih sayur, buah, atau olahan lain yang sehat. Misalnya saja blueberry yang sarat dengan vitamin C dan berguna untuk membantu menurunkan kadar hormon stres yakni kortisol. Atau, sesap saja teh chamomile yang dikenal bisa menenangkan pikiran ketika cemas. Banyak pikiran akan membuat perut lapar jadi dengan makan maka akan membuat pikiran kita bisa bekerja lebih baik.

7. Mendengarkan Musik
Cari lagu kesukaan anda dan dengarkan. Sebagian orang berpendapat bahwa musik bagus untuk merileksasi otak kita. Lebih baik lagi jika anda bisa bermain alat musik seperti gitar untuk mengatasi stress.

menghilangkan-stress-saat-kerja-dengan-musik

8. Main Game
Inilah tips yang sebagian besar orang lakukan jika sedang banyak pikiran alias stress. Melupakan semua masalah dan fokus pada game yang dimainkan. Tetapi jangan pilih game yang memerlukan pikiran yang extra. Mainkan saja game yang mudah dan menyenangkan. Ingat juga, bermain game itu bisa menyia-nyiakan waktu, sebagai muslim, iringi dengan berdzikir.

9. Lenturkan wajah
Ketika stres dan merasa tegang, membuat muka konyol bisa membantu Anda lebih rileks. Hal ini juga supaya tekanan pekerjaan tidak membuat otot muka berkerut, entar kelihatan cepat tua, hihiii.
Caranya, kernyitkan wajah Anda selama 15 detik, lepaskan, kemudian lakukan lagi. Cara ini bisa membantu mengurangi ketegangan terutama di wajah, pada bagian atas leher.

10. Tertawa
Hilangkan beban pikiran dengan menonton film komedi. Jika sudah, diharapkan pikiran kita sedikit rileks setelah melihat acara yang lucu tersebut. Ini merupakan salah satu cara menghilangkan stress dengan cepat.

11. Menghirup aroma jeruk
Saat stres, indera penciuman kita katanya akan lebih tajam karena tubuh sedang dalam mode 'bertahan'. Nah, katanya kita harus memanfaatkan mode bertahan tubuh tersebut dengan mencium aroma jeruk. Melalui cara itu, kadar stres yang dirasa bisa menurun.

Disebuah artikel online dituliskan sebuah penelitian di Brazil menemukan peserta yang stres saat ujian dan diberi wewangian jeruk lima menit sebelum ujian merasa tidak terlalu stres saat ujian tiba. Bahkan, efek menurunnya tingkat stres ini bisa bertahan sampai seharian. Jika tak punya wewangian jeruk, aroma buah jeruk pun bisa dimanfaatkan.

12. Pijat
Setelah bekerja keras siang malam, pikiran capek tubuh pun lelah. Alangkah baiknya mencoba pilihan yang satu ini. Selain untuk meregangkan otot yang kaku, pijat juga membuat kita rilek, bahkan sampai membuat kita  mudah tidur walau banyak beban pikiran. Jika perlu, anda bisa membeli sendiri mesin pijat yang bisa digunakan di tempat kerja.

pijat-mampu-menghilangkan-stress-saat-kerja

13. Ganti warna lampu kamar
Saat dirasa banyak masalah yang harus diselesaikan dan rentan membuat Anda stres, tak ada salahnya menjajal untuk mengganti warna lampu di kamar Anda. Dari awalnya berwarna putih terang, Anda bisa mengganti dengan sinar lampu agak kebiruan.
"Mengganti lampu dari cahaya putih menjadi warna kebiru-biruan bisa mengurangi kelelahan, memperbaiki suasana hati, serta meningkatkan kualitas tidur," kata psikolog Joseph Cilona.

14. Berpikir Positif dan optimis
Semua orang pasti pernah mendapatkan ujian yang membuat beban pikiran bahkan stres, tapi dibalik itu semua tentulah ada jalan keluarnya dan kita dapat mengambil pelajaran darinya. Berpikir positif saja.

Nah itulah beberapa tips cara mengatasi stress yang telah kami temukan di sebuah artikel kesehatan online. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah membaca tulisan berjudul cara menghilangkan stress pikiran saat kerja dengan cepat di How Sehat Blog. Jangan lupa di SHARE. Salam ..

1 Response to "Cara Menghilangkan Stress Pikiran saat Kerja dengan Cepat"

Darah tinggi said...

Maen Game dan dengerin musik setuju bgt bro!