artikel-kesehatan-toko-obat-herbal

Tips Bermain Hujan Utamanya untuk Anak



HowSehat | Tips bermain hujan - Saat musim hujan tiba, hujan sering terjadi hampir di tiap minggu. Ada yang mengeluh ada yang merasa senang. Sebaiknya janganlah kita mengeluh terhadap hujan karena hal itu menandakan kita tidak terima dengan apa yang telah diberikan Allah SWT. Kita juga mengetahui bahwasannya hujan itu adalah salah satu rahmat dari Allah SWT. Sepatutnya kita bersyukur dan berdoa di saat hujan. Karena saat hujan itu adalah saat yang baik untuk berdoa.

Di saat ada sebagian dari kita yang mengeluh karena hujan turun, ada beberapa yang senang yaitu para anak-anak. Mereka senang bermain hujan-hujanan. Begitulah mereka. Namun, sebagai orang tua kadang kita tidak suka anak-anak kita bermain hujan-hujanan. Kita biasanya melarang mereka bukan karena tidak suka tapi karena sayang. Kita tidak ingin anak kita sakit karena kehujanan. Itulah sebenarnya salah satu alasan orang tua melarang anaknya bermain hujan-hujanan. Dan karena hal itu, anak kita kadang bersedih karena dilarang bermain. 

Bagaimana mengatasi masalah anak yang suka bermain hujan
Baiklah, disini akan kami berikan informasi dari sebuah artikel kesehatan yang berhubungan dengan anak dan hujan.

Anak memaksa ingin bermain hujan. Apakah kita harus melarang anak bermain hujan? Hal itu tergantung situasi dan kondisi. Pada kondisi dan situasi yang bagaimana kita memperbolehkan anak untuk bermain hujan? Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan ketika mengizinkan anak bermain hujan. Kapankah itu?

  • Kondisi hujan yang turun bukanlah hujan deras yang disertai angin kencang dan petir menyambar, karena hal ini tentu akan membahayakan keselamatan anak.
  • Kondisi anak fit dan tidakdalam kondisi sakit, karena ini berarti sistem pertahanan tubuh (imunitas) anak dalam kondisi optimal.
  • Kondisi perut anak sudah terisi makanan dan sudah cukup istirahat (tidak kurang tidur), karena aktivitas bermain hujan cukup menguras tenaga anak.
  • Lokasi bermain hujan tidak terlalu jauh dari rumah dan cukup aman, misalnya tidak di lokasi yang ada lubang sehingga bisa membahayakan anak.
  • Beri batas waktu pada anak, misalnya 15-30 menit saja. Sebaiknya tidak bermain hujan dalam waktu yang terlalu lama karena bisa mengakibatkan kedinginan. 


Dengan memperbolehkan anak bermain tentu mereka akan mendapat sebuah kesenangan. Hal itu juga baik untuk perkembangan anak kita bukan? Selain itu, kita sebaiknya menyadari bahwa hujan tidaklah selalu mendatangkan hal yang buruk (negatif) terhadap anak. Kita seharusnya tidak menganggap bahwa hujan akan menimbulkan anak jatuh sakit. Ada beberapa manfaat yang akan di dapat anak ketika bermain hujan-hujanan. 

gambar-anak-bermain-hujan-hujanan

Berikut ini manfaat hujan bagi perkembangan anak:
  • Dapat mengasah kecerdasan sosial anak, karena biasanya aktivitas bermain hujan ini dilakukan bersama-sama dengan anak-anak yang lain.
  • Dapat menstimulasi kemampuan motorik kasar anak, yaitu berlari ke sana dan kemari menikmati hujan yang turun.
  • Dapat mengakrabkan anak dengan fenomena alam dan mengajari mereka bersyukur terhadap turunnya hujan yang merupakan karunia Allah. Tentunya hal ini membutuhkan bimbingan orangtua dalam memberikan pemahaman kepada anak. Apalagi saat itu merupakan saat yang tepat untuk mengajari anak memanjatkan doa ketika turun hujan.


Ok kita sudah mengizinkan anak untuk bermain hujan-hujanan, tapi kita juga harus tetap berhati-hati. Kita tidak boleh asal dan membiarkan anak bermain hujan seenak mereka. Kita masih harus menjaga kondisi mereka agar dampak buruk tidak terjadi pada anak kita. 

tips-bermain-hujan-hujanan

Berikut ini tips bermain hujan yang sebaiknya diperhatikan orang tua kepada anak:
  • Lengkapi anak dengan jas hujan, payung, dan sepatu boot (atau sepatu tahan air yang cukup kuat).
  • Segera keringkan tubuh dan rambut anak dengan handuk kemudian mandikan mereka dengan air hangat.
  • Berikan pakaian yang hangat dan nyaman, serta lengkapi dengan kaos kaki. Jika memungkinkan berikan baju dan kaos yang baru disetrika sehingga masih terasa hangat di badan anak. 
  • Buatkan segelas susu, coklat hangat atau minuman hangat semacamnya untuk anak. Lebih baik lagi jika ada sup hangat untuk mengisi perutnya.


Pada intinya tips bermain hujan adalah jangan sampai tubuh kedinginan agar kuman penyakit tidak masuk melalui pori pembuluh darah yang ada pada hidung. Hal itulah yang akan menyebabkan sakit. Jadi usahakan segera menghangatkan tubuh anak dengan cara-cara tersebut di atas.

Nah itulah tips bermain hujan utamanya untuk anak yang bisa kami bagi melalui blog Tips Menjaga Kesehatan - HOWSEHAT. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat. Terimakasih dan Salam.

0 Response to "Tips Bermain Hujan Utamanya untuk Anak"