artikel-kesehatan-toko-obat-herbal

Cara Tahu Tanda Penyebab dan Mengatasi Perut Kembung pada Bayi



HOWSEHAT : Cara mengetahui tanda, penyebab, dan mengatasi perut kembung pada bayi | Kita kadang bingung, kenapa bayi tiba-tiba rewel. Padahal sudah makan dan minum. Tentunya ada penyebab lain yang membuat bayi rewel. Salah satu hal yang menyebabkan bayi rewel bahkan sampai menangis adalah karena perut kembung. 

Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa bayi mengalami kembung? Bagaimana pula cara mengatasi bayi yang mengalami perut kembung?
Pada kesempatan ini, Howsehat sebagai blog artikel kesehatan ingin berbagi informasi mengenai gejala perut kembung pada bayi.
Ayah ibu mungkin pernah merasakan bagaimana rasanya perut kembung. Tidak mengenakkan bukan? Itu juga yang dirasakan oleh bayi. Mereka merasa tidak nyaman karena rasa tidak enak karena perut kembungnya. Hal itu membuat mereka rewel atau bahkan sampai menangis tanpa henti. 
cara-mengetahui-tanda-penyebab-mencegah-mengatasi-perut-kembung-bayi

Saya kutip dari sebuah artikel online Alodokter.com bahwa:
“Sebenarnya kembung pada bayi usia 3 sampai 4 bulan adalah hal yang wajar, karena memang saluran pencernaannya belum berfungsi sempurna. Seiring bertambahnya usia, mereka juga akan sering mengalami perut kembung karena mulai mencoba makanan yang berbeda untuk pertama kalinya.” 

Gas dan udara memang ada di bagian perut kita, tapi akan menjadi masalah bila gas atau udara tersebut jumlahnya berlebihan. Pada anak yang lebih besar ataupun orang dewasa, gas yang berlebihan itu bisa dengan mudah dikeluarkan. Namun berbeda dengan bayi, tidak semua bayi bisa dengan mudah mengeluarkan gas dari dalam perutnya. Untuk mengeluarkannya, bayi memerlukan bantuan dari orang lain.
Baca juga: Obat herbal penyubur kandungan membantu agar cepat hamil

Tanda perut kembung pada bayi

Bagaimana cara mengetahui tanda bayi kembung perutnya?
Cobalah periksa bagian perutnya apabila bayi mulai menangis dan rewel tak jelas penyebabnya. Jika perut bayi terasa agak keras disertai sering buang angin, maka hal ini bisa jadi merupakan tanda perut bayi sedang kembung. Tanda yang lain yaitu apabila menggeliat dan melengkungkan punggungnya ke belakang serta kedua kaki diangkat.

Cara mengatasi bayi yang mengalami perut kembung

Bagaimana cara mengatasi kembung perut bayi?
Terdapat beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi. 
Cara 1  : Letakkan bayi di kasur dengan posisi tidur
Cara 2 : Setelah minum susu, gendonglah bayi dengan posisi terlentang, angkat kedua kakinya kemudian gerakkan seperti sedang mengendarai sepeda
Cara 3 : Dalam posisi tidur, pijatlah perut bayi secara perlahan dengan gerak searah jarum jam
Cara 4 : Posisikan bayi pada kedua paha kita dengan menghadap ke bawah atau telungkup, usap-usaplah punggung bayi.

Cara mencegah perut kembung pada bayi

Bagaimana cara mencegah bayi mengalami kembung?
Susui bayi anda sebelum bayi merasa lapar.
Setelah minum susu, usahakan mengendong bayi dengan posisi tegak agar susu dapat perlahan dan lancar masuk dalam perut.

Penyebab perut kembung pada bayi

Lalu kenapa bayi bisa mengalami perut kembung? Bayi bisa mengalami kembung mungkin karena beberapa hal berikut ini.
Makanan yang dikonsumsi sang ibu
Pada bayi yang masih meminum ASI, seorang ibu sebaiknya mengurangi atau menghindari makan makanan yang akan membentuk gas. Makanan tersebut misalnya kubis, kembang kol, brokoli, bawang atau kacang.
Makanan yang dikonsumsi bayi
Sama seperti kita. Jika bayi sudah mulai makan selain ASI, maka anda perlu memerhatikan jenis makanannya. Usahakan kurangi dan hindari makanan yang bisa menimbulkan gas dalam perut. 
Minuman selain ASI
Selain makanan, minuman juga demikian. Jika bayi sudah mulai minum selain ASI, maka perhatikan apa yang dia minum. Misalnya susu formula yang dapat membuat bayi kesulitan buang gas dan jus yang dapat membuat bayi diare, sakit perut dan gas berlebih.
Dot bayi
Dot bisa saja menjadi penyebab kembung pada bayi. Hal ini karena ukuran dot yang terlalu kecil atau besar dapat membuat lebih banyak udara masuk ke dalam perut bayi ketika sedang minum susu.

Anda jangan panik dulu jika bayi Anda rewel dan bagian perutnya terasa keras karena kembung. Coba lakukan beberapa tips tersebut di atas yang dapat mencegah dan mengatasi perut kembung pada bayi. Namun apabila bayi Anda masih terus rewel dan susah untuk ditenangkan, serta menunjukkan gejala lain, sebaiknya Anda konsultasikan hal itu kepada dokter Anda.

Nah itulah Cara mengetahui tanda, penyebab, dan mengatasi perut kembung pada bayi yang bisa kami bagi melalui blog Tips Menjaga Kesehatan – HowSehat. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa dibagikan kepada kerabat. Terimakasih dan Salam.

0 Response to "Cara Tahu Tanda Penyebab dan Mengatasi Perut Kembung pada Bayi"