artikel-kesehatan-toko-obat-herbal

Obat Herbal dan Obat Tradisional, apa bedanya?



Apa yang dimaksud obat herbal dan obat tradisional? Sebelumnya, kita bahas tentang herbal dahulu. Herbal merupakan tumbuhan atau tanaman  yang memiliki kegunaan atau nilai lebih untuk dijadikan obat. Atau bisa dijelaskan, semua jenis tanaman yang mengandung zat aktif atau bahan yang bermanfaat untuk pengobatan dapat digolongkan sebagai herbal. Herbal terkadang disebut juga sebagai tanaman obat, sehingga dalam perkembangannya dimasukkan sebagai salah satu bentuk pengobatan alternatif.

Apa perbedaan obat herbal dengan obat tradisional?
Obat herbal merupakan obat yang bersifat organik atau alami, sama seperti tubuh kita. Obat herbal diambil dari saripati tanaman atau hewan yang memiliki khasiat untuk pengobatan, tanpa dicampur bahan kimia buatan (sintetis). Sedangkan obat tradisional adalah obat-obatan yang pengolahannya dilakukan secara tradisional, turun-temurun berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional. Jadi bisa disimpulkan bahwa obat herbal yang berasal dari bahan alami sedangkan obat tradisional merupakan teknik pengolahan obat. Obat herbal belum tentu diolah secara tradisional, seperti sekarang ini sudah banyak pabrik pengolah obat herbal. Namun tentunya dengan menggunakan bahan alami.

obat-herbal-tradisional

Mengapa orang memilih obat herbal? Apa alasan orang pilih menggunakan obat herbal?
Menurut penelitian masa kini, obat-obatan tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan, dan kini digencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik harga maupun ketersediaannya. Pada jaman sekarang ini, dengan berkembangnya teknologi kedokteran yang semakin pesat dan banyaknya riset penelitian berkaitan dengan obat-obatan, maka semakin membuka mata kita bahwa ternyata alam secara alaminya telah menyediakan obat yang manjur untuk segala penyakit. Obat tradisional pada saat ini banyak digunakan karena menurut beberapa penelitian tidak terlalu menyebabkab efek samping, karena masih bisa dicerna oleh tubuh.

obat-obatan herbal merupakan salah satu alternatif pengobatan yang mulai diminati oleh masyarakat mulai dari kalangan bawah sampai kalangan berkantong tebal. Banyak sekali alasan mengapa mereka memilih jenis pengobatan ini. Berikut ini beberapa alasan obat herbal menjadi pilihan:

  • Obat herbal dipercaya memiliki efek samping yang sangat minim atau bahkan hampir tidak ada(walaupun tidak sepenuhnya benar).
  • Sebagai alternatif, artinya memang penyakitnya sudah tidak ada kemajuan dengan obat-obatan kimia, jadi ya sebagai alternatif menggunkan herbal.
  • Harga relatif murah atau bahkan kalau pintar meramu bahan-bahan banyak sekali bahan-bahan herbal yang bisa didapat di sekitar kita.
  • Alergi dengan obat kimiawi, memang ada beberapa orang yang alergi terhadap bahan kimia.
  • Sekedar coba-coba atau membuktikan informasi yang didapat atau disarankan dari orang lain.


Dimana kita bisa menemukan obat herbal?
Beberapa obat Herbal yang berasal dari hewan (hewani) diantaranya Teripang (Gamat), Madu, Propolis, minyak ikan hiu, dsb. sedangkan yang berasal dari tumbuhan (nabati) misalnya saja jahe,kurma, bawang putih, jintan hitam (Habbatussauda), dsb. 
bahan-habbatussauda
Khusus untuk jintan hitam (Habbatussauda), ini merupakan bahan obat yang sangat dianjurkan oleh Rosulullah SAW. Karena memiliki banyak khasiat. Jika anda ingin kesulitan menemukan Habbatussauda di sekitar lingkungan anda, bisa pesan melalui toko herbal berikut:
Semoga informasi tentang obat herbal dan obat tradisonal di blog Artikel Kesehatan How Sehat ini bermanfaat bagi anda. salam.

Sumber:
id.wikipedia(dot)com
asma(dot)web.id
vemale(dot)com
+ pengetahuan dari yang lain.

1 Response to "Obat Herbal dan Obat Tradisional, apa bedanya?"

Essen Aquatic said...

wihh nice info, saya pengunjung setia web anda
kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk
http://goldengamat.biz/obat-tradisional-uveitis/