artikel-kesehatan-toko-obat-herbal

Cara Mengobati Sakit Tenggorokan saat Menelan dan Serak



Anda mencari obat sakit tenggorokan yang ampuh? Mungkin disini ada solusi mengatasi sakit tenggorokan anda. Sebelumnya, apa sih penyebab sakit tenggorokan? Sakit tenggorokkan umumnya disebabkan oleh infeksi pada tenggorokan. Jika anda merasa kurang nyaman pada area tenggorokan misalnya sulit menelan dan serak, mungkin itu gejala awal infeksi tenggorokan. Agar tidak bertambah parah, sebaiknya anda segera mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan dan vitamin tinggi. Supaya daya tahan tubuh meningkat.

Bagaimana bila sudah terlanjur sakit? Bagaimana tips atau cara mengobati sakit tenggorokkan saat menelan? jika anda terlanjur sakit pada tenggorokan, maka anda sebaiknya mencari obat sakit tenggorokkan. Namun sebenarnya ada banyak makanan alami yang kaya nutrisi yang dapat meringankan gejala infeksi tenggorokkan. Sama halnya dengan cara mengobati sakit gigi.

cara-mengobati-sakit-tenggorokan-saat-menelan

Berikut ini beberapa makanan yang dapat meringankan atau mungkin mengobati sakit tenggorokan kita.

1.Telur
Bahan makanan yang mudah didapat dan gampang diperoleh ini kaya akan protein. Selain itu teksturnya lembut, mudah ditelan dan juga mengandung asam lemak omega, choline dan lutein. Olah saja menjadi srambeled egg dengan tambahan keju. Bila anda sakit tenggorokkan sehingga takut untuk makan. Coba makan ini.

2.Pisang
Pisang memiliki tekstur  lembut layaknya telur dan susu. Pisang juga punya rasa manis serta aroma wangi. Karena itu, pisang mudah ditelan saat tenggorokan sakit. Jika tak suka rasanya, coba kombinasikan dengan strawberry dan buat menjadi smoothies agar lebih enak dan mudah ditelan.

3.Kubis
Sayuran renyah ini sangat baik dikonsumsi untuk mencegah infeksi dan meringankan sakit kepala yang umumnya mengiringi infeksi tenggorokan. Kubis putih dan ungu kaya akan vitamin C, sulfur, vitamin K dan antioksidan. 

5. Oatmeal
Selain teksturnya lembut sehingga mudah ditelan, oatmeal juga kaya serat dan vitamin yang sangat membantu pemulihan rasa sakit tenggorokan. Bisa dibuat bubur dengan paduan susu, madu dan buah segar.

oatmeal-untuk-mudah-menelan

4.Jahe
Rempah berbentuk umbi rimpang ini memiliki aroma dan rasanya pedas. Kaya akan antioksidan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Buat saja menjadi wedang jahe atau rebus dengan air dan gunakan airnya untuk menyeduh teh. Rasa hangatnya semoga meredakan sakit tenggorokan.

Selain bahan yang bisa kita konsumsi, ada juga bahan yang berupa rempah-rempah sebagai bahan tambahan dalam makanan yang akan kita konsumsi. Sebelum menelan obat ada baiknya pilih konsumsi buah dan sayuran serta rempah yang bisa mencegah infeksi. Selain rasanya enak, mudah ditelan makanan tersebut juga tidak mengandung zat kimia. Jadi lebih aman sebagai pencegah rasa sakit. 

6.Kayumanis
Menurut yang telah mengetahui, selama ribuan tahun orang Tiongkok memakai rempah ini untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan. Aroma wangi kayu manis tidak hanya enak untuk campuran dessert tetapi juga ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan. Bisa dicampur dalam susu hangat atau seduhan teh.

7.Bawang Putih
Bawang putih sering dipakai dalam masakan karena aroma wanginya yang tajam. Kandungan alicin dalam bawang putih dapat memicu daya tahan tubuh dan juga ampuh dalam membasmi bakteri pada tenggorokan. Baik dikonsumsi dalam keadaan segar agar lebih berkhasiat.

8.Cengkih
Selain untuk penambah racikan rokok, ternyata cengkih yang rasanya sedikit pedas sangat baik untuk meluruhkan lendir di tenggorokan. Lendir akan menjadi encer dan mencegah infeksi. Campurkan beberapa butir cengkih dalam air teh untuk meredakan sakit tenggorokan.

9.Jeruk Lemon
Campurkan dalam teh atau ambil airnya dan campurkan dengan sedikit madu. Aroma segar dan rasa asam jeruk lemon paling serasi diseduh dengan teh. Tetapi rasa asam ini justru menunjukkan tingginya kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu rasa asamnya sangat baik untuk meredakan rasa sakit pada tenggorokan. 

10.Delima Merah
Konsumsi dalam bentuk jus segar tanpa tambahan gula. Rasa asam segar dan sedikit manis buah delima merah disukai banyak orang. Delima merah terkenal sebagai buah yang paling kaya antioksidan. Karenanya menjadi andalan memperkuat daya tahan tubuh dan juga berfungsi sebagai pereda rasa sakit pada tenggorokan.  (sumber: detik)
obat-sakit-tenggorokan

Nah itulah beberapa bahan makanan yang dapat meringankan bahkan mungkin mengobati sakit tenggorokan kita. Jika ingin memperoleh obat-obatan herbal alami, silakan coba di Berkah Herbal. Semoga artikel kesehatan tentang bagaimana cara mengobati sakit tenggorokan saat menelan dan serak ini bermanfaat. Salam.

0 Response to "Cara Mengobati Sakit Tenggorokan saat Menelan dan Serak"